Kunjungan ke BPTP Sumatera Selatan dan Paddy Dryer Site

| May 15, 2015 | 0 Comments

survey PalembangPada tanggal 5 Januari 2015, Indonesian Institute for Energy Economic yang diwakilkan oleh Yonki Alexander Volta selaku Business Development Engineer, melakukan kunjungan ke Pusat Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan yang disambut langsung oleh Dr. Ir. Harmanto, M.Eng selaku Kepala BPTP Sumsel. Kunjungan dilakukan untuk melihat dan mempelajari pemanfaatan Energi Biomassa berupa pengering padi dengan bahan bakar sekam yang telah dilakukan oleh BPTP Sumsel. Kunjungan ini berlangsung selama 3 hari, yaitu ke BPTP Sumsel, Lokasi pemanfaatan Biomassa dan Workshop pembuatan alat pengering padi.

Menurut Budi Raharjo S.TP, M.Si selaku Peneliti Madya Teknologi Pertanian dan Mekanik/Tanaman Pangan, pemanfaatan sekam sebagai bahan bakar pengering padi mulai dikembangkan pada tahun 2004 melalui program dari GTZ dan yang dibuat di workshop Sentosa, Plaju. Saat ini terdapat 3 type paddy dryer yang dikembangkan oleh BPTP, yakni type Tungku ABC, type Downdraft HRF dan type Solar Bubble Dryer. Type Solar Bubble Dryer masih terus dikembangkan bersama Internatioanl Rice Research Institute (IRRI).

survey Palembang2Masih menurut Budi Raharjo, paddy dyer ini sudah didistribusikan ke berbagai wilayah di Sumatera Selatan dan masyarakat diberi kebebasan untuk mengembangkan sendiri ,khusus untuk type tungku ABC. Salah satu workshop lokal yang mengembangkan paddy dryer ini adalah workshop “Berkat Tabah” milik M.Harun yang terletak di Jalur 8, Kabupaten Banyuasin.

Category: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *