Penyediaan Teaching Aid PLTMH

| September 26, 2017 | 0 Comments
Judul penugasan Penyediaan Teaching Aid  PLTMH
Proyek Peningkatan Ekonomi dengan Pemberdayaan Masyarakat Yang Inklusif
Melalui Pengembangan Pusat Pengetahuan (Center of Knowledge/CoK)
berbasis Energi Terbarukan
ToR Reference No.  009
Diterbitkan pada 1 Agustus 2017
Pagu Anggaran Rp 100.000.000,-

 

Konsorsium Institut Indonesia untuk Ekonomi Energi (IIEE)-Rimbawan Muda Indonesia (RMI)-ProWater-LKM Wonorejo sedang melaksanakan kegiatan proyek “Peningkatan Ekonomi dengan Pemberdayaan Masyarakat Yang Inklusif melalui Pengembangan Pusat Pengetahuan (Center of Knowledge/CoK) berbasis Energi Terbarukan” di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Proyek tersebut didanai oleh Program Hibah Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Masyarakat (PSDABM) MCA-Indonesia (Millenium Challenge Account Indonesia).

Pengembangan Pusat Pengetahuan (Center of Knowledge/ CoK) dalam Proyek PSDABM tersebut membutuhkan media pembelajaran (Teaching Aid) untuk mempermudah pemahaman konsep mengenai pembangunan dan cara kerja PLTMH serta pemanfaatannya. Dengan adanya alat tersebut diharapkan warga Korong Wonorejo termasuk pengelola rumah pusat pengetahuan serta para pengunjung dapat lebih mudah menyerap informasi/konsep-konsep PLTMH yang tadinya bersifat abstrak menjadi lebih visual.

Adapun media pembelajaran atau teaching aid yang diperlukan adalah sebanyak 2 unit yaitu :

  1. Miniatur PLTMH. Alat ini dapat berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran untuk menyampaikan informasi atau mempresentasikan kepada para pengunjung rumah pusat pengetahuan mengenai rancangan struktur mesin dan cara kerja PLTMH sampai menghaslkan listrik.
  2. Maket Wonorejo secara real. yang mencerminkan kondisi geografis dan berbagai komponen sipil PLTMH serta transmisi dan distriusi jaringan listrik di Wilayah Wonorejo. Maket ini diharapkan mampu memudahkan visualisasi hasil rancangan mencakup rancangan struktur, interior, eksterior,  dan lokasi.

Lebih lanjut mengenai Kerangka Acuan Kerja (KAK) kegiatan tersebut dapat dilihat pada link berikut : KAK Teaching Aid PLTMH

Bagi konsultan yang berminat mengikuti kegiatan Penyediaan Teaching Aid ini diharapkan untuk menyerahkan proposalnya paling lambat tanggal 30 September 2017

melalui alamat email:

 

  1. Institut Indonesia untuk Ekonomi Energi (IIEE)

E-mail:  iiee@cbn.net.id

Telpon: 021-72801676/021-7395519

  1. Sdri Ade Nur Anisiya

E-mail: iiee.adeanisiya@yahoo.com/anisiya@iiee.or.id

Subject Email: [MCA-Indonesia/Solsel] – Teaching Aid – Nama Institusi/Pribadi Applicant

Category: News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *