Sambutan Ketua Dewan Pembina

Indonesia saat ini telah berada diambang krisis energi. Cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan akan habis dalam 11 tahun mendatang. Masalahnya, persoalan ini sepertinya belum menjadi kesadaran Bangsa Indonesia. Akibatnya belum ada langkah terobosan yang kongkret, sistematis dan terstruktur baik tentang upaya penghematan energi maupun penggunaan energi alternatif.

Sebagai upaya menghadapi kondisi diatas, dari sisi pasokan, penggunaan energi terbarukan antara lain panas bumi, tenaga air, tenaga angin, tenaga surya, tenaga gelombang, dan bahan bakar hayati (biofuel) harus di prioritaskan. Penggunaan sumberdaya fosil harus dialokasikan penggunaannya dengan benar, mana untuk kebutahan dalam negeri dan mana untuk export. Dari sisi permintaan, upaya penghematan energi akan menurunkan tingkat konsumsi energi, menghambat laju permintaan energi yang pada akhirnya menurunkan tambahan kebutuhan pasokan energi.

Melalui kajian, diseminasi, dan dialog dengan para pemangku kepentingan diharapkan IIEE dapat mendukung kebijakan pengelolaan dan pemafaatan energi nasional secara berkelanjutan. Kajian dan dialog saja tidak akan cukup. Perlu adanya gerakan penyadaran dan edukasi tentang kondisi energi di Indonesia dan bagaimana cara mengatasinya. Edukasi tentang konservasi energi untuk generasi muda adalah salah satu jawabannya. Pada tahun 2010 hingga 2050, dengan puncaknya pada tahun 2020 bangsa Indonesia akan memiliki lonjakan warga usia produktif yang signifikan. Kondisi ini yang disebut dengan “bonus demografi”. Pada saat tersebut, anak-anak yang sekarang berada di bangku SMP dan SMU akan memegang kepemimpinan hampir di semua bidang. Peran IIEE sebagai motor penggerak edukasi konservasi energi saat ini akan sangat besar manfaatnya bagi bangsa pada saat tersebut.

Akhirnya, marilah kita semua turut ambil bagian dalam berfikir, bertindak, dan berusaha mewujudkan kondisi sektor energi di Indonesia menjadi lebih baik dan berkelanjutan untuk Bangsa Indonesia yang lebih baik. Sekarang dan dimasa yang akan datang.

Salam Hormat,

Prof. Dr. Subroto
Pendiri & Ketua Dewan Pembina
Institut Indonesia untuk Ekonomi Energi (IIEE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login to your account below

Fill the forms bellow to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.